Saturday, January 7, 2017

Generasi Penakluk Dunia


Kalau sobat penggemar film-film bertemakan super heroes, pasti udah ngga asing kan dengan nama-nama seperti Superman dan Spiderman? Yup, mereka adalah duo pahlawan yang hidup di tengah-tengah hiruk-pikuknya masyarakat Amerika Serikat, yang bertugas untuk melindungi masyarakat dari kejahatan kapanpun diperlukan.

Pak Superman, Pahlawan Lokal
Setiap episodenya, kita disuguhi aksi-aksi keren duo pahlawan tersebut dalam membasmi kejahatan, mulai dari monster jahat, profesor gila, alien, sampai senjata pemusnah masal. Saat para pahlawan ini berhasil meringkus si penjahat, sorak-sorai dan elukan masyarakat bertaburan untuk mereka. Aksi inilah yang menyebabkan para remaja jaman sekarang mengidolakan mereka.

Bahkan ada sebagian para penggemar fanatik yang membentuk klub khusus untuk mendiskusikan aksi para pahlawan Hollywood ini. Dan pada akhirnya, mereka hanya bisa membayangkan bagaimana rasanya menjadi para pahlawan yang mampu menyelamatkan umat manusia tersebut.

Namun jangan khawatir sobat, ada kabar gembira untuk kita semua! Legenda kepahlawanan ini bukan hanya ada film-film dan dongeng belaka. Jauh sebelum kita lahir ke dunia, sejarah mencatat munculnya ideologi baru yang sanggup merubah tatanan hidup manusia secara totalitas, memberangus keburukan dan penyimpangan manusia. Ya, itulah Islam, yang diemban oleh Rasulullah saw. dan para pahlawan generasi penakluk dunia!

Sobat, dunia telah menyaksikan dengan nyata bahwa Islam mampu membangun peradaban manusia dari keadaan jahiliyah menuju keadaan terang-benderang. Saat Eropa masih tertutup kebodohan dan dikuasai kediktatoran para kaisar, Daulah Islam telah membentuk masyarakat yang berkepribadian mulia, melahirkan penemuan sains-teknologi yang bermanfaat, dan para pemikir ulung baik terkait ilmu-ilmu syariah maupun keduniawian.

Hal ini tidak terlepas dari peran para pemuda muslim yang sedari dini telah mengabdikan diri di jalan dakwah. Sudah mafhum di antara kita nama-nama besar seperti Mush’ab bin Umair, pahlawan yang melalui wasilahnya lah sebagian besar penduduk negeri Yastrib mau masuk Islam dan dipimpin oleh kepemimpinan Islam. Sa’ad bin Abi Waqash, pahlawan pada setiap perang yang dengan panahnya siap menarget musuh-musuh Allah dengan bidikan yang mematikan.

Ilustrasi Salahuddin al-Ayyubi


Salahuddin al-Ayyubi, seorang pemimpin yang dengan gagahnya membebaskan negeri-negeri umat Islam termasuk salah satunya Yerusalem, Palestina. Dan tak lupa, seorang pahlawan yang di usia mudanya sudah mengemban amanah yang luar biasa sebagai seorang khalifah, Muhammad al-Fatih.

Kepahlawanan mereka adalah nyata, bukan sekedar aksi di layar kaca. Mereka eksis di dunia ini untuk mengabdikan dirinya di jalan yang benar dan meluruskan yang salah. Mereka memiliki misi yang luar biasa untuk diemban yaitu semua dalam rangka mendakwahkan Islam ke seluruh manusia.

Allah swt memacu semangat dengan firmannya,
“Engkau adalah ummat terbaik yang diturunkan/dilahirkan di tengah-tengah manusia untuk menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kemungkaran dan beriman kepada Allah.” Ali Imran: 103

Siapa sih yang ngga seneng dipuji guru atau kepala sekolah saat mereka mengatakan “Selamat ya, kamu adalah siswa terbaik”? Nah dalam hal ini, bukan lagi manusia yang memuji, tapi Zat yang menciptakan manusia itu sendiri. Ya, Allah memuji kita sebagai umat yang terbaik untuk manusia.

Namun, ayat tersebut tidak hanya bersifat sebagai kabar gembira, namun juga sebagai tuntutan bagi kita. Gelar umat terbaik tidak akan disematkan pada kita kecuali jika kita melaksanakan aktivitas menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kemungkaran dan beriman kepada Allah.

Yup, inilah jalan hidup para pahlawan Islam! Perjuangan yang tak kenal lelah ber-amar ma’ruf nahi munkar, mendakwahi baik kepada muslim maupun non-muslim, dan mengajak masyarakat untuk mau menerapkan syariat Islam secara kaffah, kemudian berjuang dengan ikhlas agar kalimat tauhid tegak di muka Bumi ini!

Sobat, ini pula lah yang seharusnya menjadi poros hidup kita. Yuk, kita bersegera bergabung dalam pergerakan ini, dan jadilah kita para pahlawan Islam yang insya Allah, kelak akan mendapatkan rahmat-Nya yang kekal di akhirat.
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” Ali Imran: 133

(Diterbitkan di Media Umat edisi Agustus 2014)
About Ihsan Tampubolon

Pellentesque penatibus, sed rutrum viverra quisque pede, mauris commodo sodales enim porttitor. Magna convallis mi mollis, neque nostra mi vel volutpat lacinia, vitae blandit est, bibendum vel ut. Congue ultricies, libero velit amet magna erat. Orci in, eleifend venenatis lacus.

You Might Also Like

0 comments:

Post a Comment